Wisata Kuliner Yogyakarta yang Murah dan Populer

Spread the love

Saat mendengar Kota Yogyakarta, tentu banyak yang terbesit dengan kampus-kampus ternama di sana seperti UGM, lalu Keraton Jogja, dan jelas wisatanya. Bicara soal wisata di kota ini, para wisatawan bisa mendatangi sejumlah destinasi wisata populer di Kota Pelajar ini. Yang ikonik tentu Malioboro kemudian tidak ketinggalan wisata ke Keraton dan sederet tempat wisata menarik lainnya. Selain mengunjungi objek-objek wisata, tidak ketinggalan di Yogyakarta juga punya wisata kuliner yang sangat menggugah selera.

Rekomendasi Wisata Kuliner di Yogyakarta

Lalu untuk wisata kuliner di kota wisata seperti Yogyakarta, sebenarnya tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya ada beberapa tempat kuliner di sana yang cukup populer tetapi harga yang ditawarkan justru terbilang murah. Penasaran bukan tempat wisata kuliner di Yogyakarta yang ramah dikantong ini tetapi juga populer sekaligus kerap didatangi wisatawan terutama dari luar kota. Langsung sama simak rekomendasi wisata kuliner murah dan populer di Yogyakarta.

  • Angkringan Kopi Jos Lik Man

Yogyakarta memang identik dengan kuliner angkringan dan ada banyak angkringan yang tersebar di penjuru kota. Namun yang cukup legendaris adalah angkringan kopi jos Lek Man dan banyak menu yang disediakan. Mulai dari sego (nasi) kucing, aneka gorengan dan sate lalu yang jadi andalan adalah kopi jos. Bagi yang tertarik ke sini bisa datang mulai pukul 9 malam sampai pukul 2 dini hari dan harganya terbilang murah.

Untuk aneka nasi dan sate dibanderol mulai dari Rp 2.500 sedangkan untuk menu paket lengkap hanya Rp 20.000. Lokasi angkringannya juga mudah ditemui karena tepat berada di samping Stasiun Yogyakarta. Jadi saat sedang jalan-jalan malam di sekitaran stasiun, jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke sini.

  • Soto Sampah

Jikalau sedang berada di sekitaran Tugu Jogja, jangan sampai tidak mencoba kuliner Soto Sampah dan dari namanya saja cukup bikin penasaran. Namun tenang saja meski namanya membuat kita mengerutkan dahi, tetapi dari segi cita rasanya sangat nikmat dan enak sekali. Lokasi warungnya ada di Pasar Kranggan dan mulai buka dari jam 7 pagi jadi bisa untuk sarapan. Untuk harganya sekitar Rp 6.000 jadi sangat murah sekali sehingga banyak anak-anak muda yang makan di sini.

  • Nasi Godog Pak Pathel

Kalau makan nasi goreng dan nasi bakar terlalu biasa, maka coba rasakan sensasi makanan nasi godog Pak Pathel. Lokasi warungnya ada di Bantul dan buka setiap hari dari jam 7 malam sampai 12 malam. Dengan merogoh kocek Rp 15.000, dijamin hidangan nasi godog ini tidak akan mengecewakan dan bisa membuat ketagihan karena lezat. Apalagi memang jarang-jarang ada kuliner nasi godog seperti ini di kota-kota lain.

  • Sate Kere

Bagi yang tidak membawa banyak uang untuk makan di resto mahal, tenang saja karena di sekitar Malioboro ada sate kere yang harganya cuma Rp 2.000 per tusuknya. Jadi sesuai dengan namanya yaitu sate kere dan kere di sini dalam bahasa Indonesia artinya miskin. Memang untuk satenya dari bahan dasar gaji yang lalu dibakar tetapi masih terasa lezat. Sate ini bisa jadi camilan karena harganya murah dan bisa beli secara satuan.

  • Gudeng Pawon

Terasa kurang rasanya kalau datang ke Yogyakarta tetapi tidak mampir ke warung-warung gudeng. Cobalah Gudeng Pawon yang berada di daerah Umbulharjo dan harganya dari Rp 11.000 sampai dengan Rp 24.000 saja. Selain rasanya, dari segi tempatnya juga cukup nyaman jadi mengobrol di sini sampai menikmati masakan gudeg yang legendaris bakal terasa menyenangkan.

  • Soto Bathok Mbah Katro

Ada kuliner khas Yogyakarta lainnya yang mesti dicoba yaitu soto bathok dan yang ramai dikunjungi wisatawan adalah soto bathok Mbah Katro. Yang membuat unik karena dalam penyajiannya memakai batok kelapa alih-alih mangkok atau piring seperti soto pada umumnya. Selain soto kuah bening dengan daging sapi, masih ada tambahan toping seperti aneka sate dari satu telur puyuh dan usus juga gorengan.

Lokasinya ada di Candi Sambisari, Sleman dan harganya sekitar Rp 6 ribu per porsi dan buka dari jam 6 pagi sampai habis. Untuk sate dan gorengannya juga cukup murah dan bisa tambah nasi kalau kurang.